Memilih Sistem Operasi Versi 32-bit Atau 64-bit?

ads responsive
max-width 550 px
Teknologi 64-bit pertama kali diperkenalkan Microsoft melalui Windows XP Professional x64 Edition pada tahun 2005. Sejak saat itu, banyak yang ragu dan bingung untuk memilih versi yang tepat.

Mungkin Anda adalah salah satunya. Lalu apa bedanya 32-bit(x86) dan 64-bit(x64)?

Selain fakta OS(Operating Sytem) 64-bit memerlukan CPU 64-bit, juga beberapa perbedaan dari segi kemampuan dukungan RAM yang lebih besar, tambahan fitur security, serta extra processing power.

Keuntungan bisa langsung Anda dapatkan dari penggunaan sistem 64-bit adalah bisa menggunakan RAM dengan ukuran yang besar. Versi 32-bit hanya bisa untuk 4GB RAM, namun di 64-bit Anda bisa menggunakan hingga 192GB RAM!

Di versi 64-bit juga dilengkapi fitur PatchGuard untuk mencegah malware yang mengubah kernel. Ini penting untuk menjaga kestabilan sistem dari perubahan kernel yang tidak diinginkan.

Beberapa aplikasi yang membutuhkan algoritma matematis tinggi seperti rendering 3D akan berjalan dengan lebih optimal di sistem 64-bit. Program enkripsi juga berjalan lebih cepat di 64-bit.

Tetapi 64-bit juga memiliki kekurangan. Misalnya dukungan software yang lebih minim daripada 32-bit, dukungan driver yang juga minim – khususnya untuk hardware keluaran lama, serta performa yang “pas-pasan” jika digunakan di RAM kurang dari 4GB.

Setelah mengetahui hal tersebut, pastinya Anda akan lebih mudah menentukan pilihan.

Apakah komputer Anda memiliki sistem 32-bit atau 64-bit? Berikan jawaban Anda melalui komentar di bawah.
ads responsive
max-width 550 px

104 Responses to "Memilih Sistem Operasi Versi 32-bit Atau 64-bit?"

  1. ya saya setuju dengan performa 64bit lebih optimal dibanding 32bit tapi yang masih membuat orang lebih memilih 32bit masalah software yg compatible masih sulit dicari. kemarin saya instal modem venus aja kesulitan cari driver yag 64bit

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mau bertanya, software 32bit apa bisa support ke 64bit ?

      Delete
    2. mungkin terbalik pak wahyu, 64 support ke 32

      Delete
    3. Maaf gan cuman nambahin aja

      software 32bit di os 64bit = bisa
      Software 64bit di os 32bit = tidak bisa
      Software 16bit di os 64bit = bisa tapi gak bisa compile

      Menurut saya jika hardware mendukung 64bit ya pilih os 64bit, tapi jika masih pake software-software 32bit ya percuma dong os nya 64 juga.

      Itu dari segi efisiensi, coba kita tengok processor,

      OS 64bit = suhu processor lebih tinggi bagi processor 64bit keluaran lama yang konsumsi listriknya masih lebih dari 15watt

      Untuk keluarga intel (duo,i3,i5,i7) yang tidak ada tanda ultra low power nya itu masih mengkonsumsi listrik yang lumayan, jadi pilih procy juga penting apalagi buat laptop yg mengandalkan baterai jikala keluar rumah


      Semoga membantu.

      Delete
    4. Mantapppp
      Salam hangat buat semuanya....
      KIni saya prefered untuk 64 bit apapun OS nya, kecuali XP belum pernah coba

      Delete
    5. saya ingin bertanya apakah bisa install os 64 bit di ram 3 gb

      Delete
  2. Memang hal tersebut adalah betul. Masih ada beberapa software yang belum menyediakan versi 64-bit. Ada lagi yang menggunakan 32-bit atau 64-bit?

    ReplyDelete
  3. Notebook saya HP G42- 360tx rencana mau pakai Windows 7 64 bit. RAM sudah 4 giga DDR 3 Kingston dah cukup belum ya? Driver sudah lengkap tapi belum tau bisa berfungsi nggak sama hardwarenya. Pengen juga Windows 8 sih tapi masih bingung pakai 32 bit atau 64 bit, belum punya drivernya juga. Hehe. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake 64 bit aja gan..
      ane pernah pake ram4gb trs os 32 bit kinerja dan konsumsi ramnya ngga maksimal

      Delete
  4. Kalau 4 GB DDR 3 ke bawah lebih baik menggunakan 32-bit saja. Kalau RAM di atas 4 GB baru pakai 64-bit. Jadi saran saya karena RAM Anda 4 GB gunakan 32 bit saja.

    ReplyDelete
  5. Menurut pengalaman saya, dengan penggunaan RAM 4 GB akan mubazir jika menggunakan 32-bit, karena yang "terbaca" atau terpakai optimal hanya 2 koma sekian GB saja. Pada OS 64-bit lah RAM akan terpakai optimal hingga 4 GB seluruhnya.

    ReplyDelete
  6. tapi saya juga pakai RAM 4GB terus pakai OS 32-Bit terpakai hampir semua kok,, biasanya kalau yang menggunakan OS 64-Bit tuh yang pakai RAM 8GB agar lebih maksimal. memang sih kalau yang 4GB pakai yang 64-Bit kinerja RAMnya bisa lebih maksimal lagi tapi kebanyakan software masih ada yang belum ngeluarin versi 64-Bit jadi kan susah juga..

    ReplyDelete
  7. Seharusnya jika menggunakan 32bit maksimalnya adalah 4 GB RAM. Jika tidak maksimal. Mungkin ada masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika anda bisa menyimpulkan ada masalah pada pembacaan ram full pada 32 bit itu , anda pasti tahu permasalahannya dimna. saya ingin bertnya permasalhannya ada dimana ya.? soalnya punya saya gakebaca full 4gb hnya 2.97 pada os 32 bit ,

      Delete
  8. kalau misalkan seperti itu, biasanya masalah terjadi pada karena apa ??

    ReplyDelete
  9. Kemungkinannya banyak, mungkin masalah pada sistem operasi, atau karena limitasi hardware atau limitasi BIOS.. atau bahkan karena menggunakan Windiows 7 Starter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon saran merk dan type netbook yang ada dipasaran skg yg bisa menggunakan windows 7 32 bit,terimakasih

      Delete
  10. Setuju dgn Toko Komputer, kebanyakan aplikasi "umum" masih "native" x86, jadi limit utilisasi RAM masih seperti 32-bit, kinerja baru signifikan bila software juga versi 64-bit, utk game3D, yg jarang d support patch x64, peningkatan performa ada tapi sedikit :) salam!

    Toko Komputer said...
    April 27, 2013 at 2:18 PM
    tapi saya juga pakai RAM 4GB terus pakai OS 32-Bit terpakai hampir semua kok,, biasanya kalau yang menggunakan OS 64-Bit tuh yang pakai RAM 8GB agar lebih maksimal. memang sih kalau yang 4GB pakai yang 64-Bit kinerja RAMnya bisa lebih maksimal lagi tapi kebanyakan software masih ada yang belum ngeluarin versi 64-Bit jadi kan susah juga..

    ReplyDelete
  11. asus A44H saya core i3 dengan memory 2GB di instal windows 32 bit.. malahan blue screen tapi pas di instal windows 64 bit malah lancar aman dan terkendali hehehehe apakah 64 Bit mengharuskan memori 4GB saya rasa enga juga mungkin faktor lain harus menjadi bahan bertimbangan seperti kecepatan prosesor.. mohon masukan kalo tulisan saya salah...!

    ReplyDelete
  12. Bukannya harus...cuma merekomendasikan agar memori dapat bekerja lebih maksimal dengan 64 bit

    ReplyDelete
  13. nah kalau untuk RAM 2GB dari prosecor AMD .... bagusnya pakai yang 32 bit atau 64 bit ,,,,,,?

    ReplyDelete
  14. Saya instal win 8 64 bit di laptop saya yang Ram.nya 4Gb terus kenapa Ram.nya yang dipakai cuman 2,41Gb??

    ReplyDelete
  15. Ass mas bro . Saya punya laptop acer v5 spek core i5 ddr3 1 tera hdd nvidia 2gb 4 gb ram. Kirakira bagus gak untuk sistem operasi 32 bit win xp.?? Mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  16. Win 7 32 bit aja ,, coz klo suatu saat mau install ulang ga susah nyari drivernya cz bnyak yg kompatibel ama 32 bit,, ane pke 64 bit malah mau ke 32 bit lg,, cz puyeng nyari common module yg support ama 32 bt ,,

    ReplyDelete
  17. solusinya gan..
    saya pengen instal windows 8.1 64 bit tapi saya tidak punya driver 64 bit dengan ram 4gb, gimana gan ??

    ReplyDelete
  18. pahami konsepnya dulu, tanyakan sejelas-jelasnya. setelah mantab, kenali kebutuhan anda, bandingkan dengan teori yg uda mantab td,, lalu putuskan sendiri pilihan anda mau 32 atau 64. Jangan percayakan masalah spt ini pada pilihan orang lain, tapi dengar diri anda, jadilah orang pede. emang 64bit tu lebih bagus dan lebih super, walaupun drivernya minim. ukuran sepatu 32 ya beli yg 32, walaupun 64 lebih besar. kalau ukuran sepatunya 64, ya beli yang 64, biarpun 32 lebih imut bkekekekek. think think use ur head

    ReplyDelete
  19. saya mau bertanya. apakah laptop yang hanya memiliki 32 bit tidak bisa di instal ke 64 bit ? makasih

    ReplyDelete
  20. klo pengalaman saya,pas pake windows 64 bit tetap bisa diinstall software 32 bit..di exe nya di klik kanan trus pilih properties,pilih compatibility>centang "run this program in compatibility mode for:" >run this program as an administrator..smoga bisa sedikit membantu.

    ReplyDelete
  21. Tanya laptop saya hp g4-2027tx core i3 win 7 home premium 64 bit..permasalahan waktu ane instl ke win 8/8.1 puna ane yg 32 bit...rencana d ubh ke 64 bit,gmana cara nya.sedang drive gk ada??m0hon petnjuk nya..tq

    ReplyDelete
  22. pengalaman dari bertanya dan mengaplikasikan mana yang lebih pas itu bisa dari pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain, so 32 bit atau 64 bit itu akan lebih kompetibel *cie elah jika penginstalan didukung oleh hardware yang juga mendukung.. spek tinggi lebih baik pakai yang tinggi akan tetapi :D jika kendala software yang meminta xx bit di sesuaikan saja, lagi pula memiliki teknologi tinggi tetapi tidak bisa di gunakan mubazir toh, kata bos2 di atas itu ud ngejelas in baget mana yang harus di pilih itu yang sesuai dengan kebutuhan anda. thangss to all #SealIDN[Char]Xixs

    ReplyDelete
  23. bro kenapa pc sistem operasi 32 kalo di install s operasi 64 error ?

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Laptop saya asus core i5 RAM 4GB DDR3 terpasang windows 8 64Bit, tidak pernah ada kendala soal kinerja, main game HD, software" yg lain tidak ada masalah. Hanya saja saya anak IT sangat penting yg namanya aplikasi Turbo C, aplikasi nya memang terpasang, bsa digunakan, tp ketika di RUN kan malah error. Tanya sma bu dosen, windows 8 ga bsa jalanin aplikasi turbo C, harus windows XP :'( yaahhhhh

    ReplyDelete
  26. Asus A46CB-WX023D yang core i3 masih standrat
    itu lebih mantapnya di instal win 8 yang 32 apa 64 bit ya.?
    mohon petunjuknya mas.

    ReplyDelete
  27. Kalo install x64 pd Ram 2GB ada resikonya ndak?

    ReplyDelete
  28. Kalo install x64 pd Ram 2GB ada resikonya ndak?

    ReplyDelete
  29. klo acer aspireone d255,32bit ram 1gb,win8,bs g ramnya d gnti 4gb,,tlg d bantu bos

    ReplyDelete
  30. Gan Tolong Nih Ane Punya Laptop satellite L740D (Exclusive) , 32 Bit , 2 GB Ram , Win 7 ultimate , Ane mau Up ke Windows 8 Bagusnya Ane Pake Berapa Bit 32/64 Bit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek saja gan apakah laptop agan support 64 bit atau tidak ?
      nih linknya http://nahlbee.blogspot.com/2015/02/cara-mengetahui-laptop-atau-komputer.html semoga bermanfaat

      Delete
  31. laptop ku enaknya apa ya ram 2gb

    ReplyDelete
  32. 32 byt.....
    ....ram 4 gb berapa ya...

    ReplyDelete
  33. saya punya laptop lenovo S20 OS windows 8 64bit, bagaimana caranya agar bisa di install OS windows 8 32bit?

    ReplyDelete
  34. saya punya laptop lenovo S20 OS windows 8 64bit, bagaimana caranya agar bisa di install OS windows 8 32bit?

    ReplyDelete
  35. Malem Gan....
    Saya Pakai PC MSI Core i7 RAM Pakai 6GB
    os XP 64Bit
    Saya pakai 2 HD 500+250 GB
    dan kinerja PC sy rasa kurang cepat.
    apakah saya tambah RAM bisa menambah kecepatan PC sy.

    ReplyDelete
  36. klo ram 1gb skrng pke win 8.1 32bit lncar pngn nyoba yg 64bit gmna ya? hahaha, bln dpn bru mau nmbh ram jdi 4gb

    ReplyDelete
  37. Gan tolong bantu donk
    saya bingung mau pakai windows 7 yang 32bit atau windows 764bit
    laptop saya acer aspire 4750 series
    processor : Intel(R) Core(TM) i3-2330M CPU @2.20GHz 2,20GHz
    memory (RAM) : 2,00 GB
    menurut agan2 yang mana yg cocok buat laptop gua
    windows 7 32bit atau windows 7 64bit

    MOHON BANTUANNYA YA GAN.....
    TQ...

    ReplyDelete
  38. 2 GB DDR3 memory

    tolong bantu ya kan....

    ReplyDelete
  39. 2 GB DDR3 memory

    tolong bantu ya kan....

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. @WIra , @Wahyu, @bbm for pc :
    Sudah sangat jelas RAM dibawah 4 GB sebaiknya pakai windows yang 32 bit. Kalu dipaksa ke windows 64 bit bisa saja, tapi gak maksimal (apalagi bila RAM hanya 1 - 2 GB).

    ReplyDelete
    Replies
    1. prmisi mw nanya misal ram 4gb pd os 32 bit cocok ubah ke 64bit gk ??

      Delete
  42. Makasi gan
    saya mau tanya lagi gan
    kalau saya pakai windows 32 bit saya boleh instal
    game pes 2013 ga dan bisa maksimal ga pakai ram 2gb
    TQ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instal aja pes 2013...lancar tu laptopnya...lancar ganti mobo

      Delete
  43. saya boleh tanya gan,untuk os 64 bit untuk main game yg ukurannya besar apakah perlu hardis yg keluaran baru yg lbih cepat sata 3 misalya.apakah ukuran game yg besar bisa merusak hdd?,seperti 2 komp saya baru 2 -3 bulan hdd rusak

    ReplyDelete
  44. gan kalo PC saya 8Gb procie intel i3 diinstalin win XP 32bit.. apa ga masalah ? soalnya ada game jadul yg lg dikangenin dan cuma support di win XP hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang banget gan,RAM 8GB kok pake XP :3
      mending ganti ke Windows 7 SP1 64bit

      Delete
  45. notebook saya 64bit tapi saya salah mengistal Universal Theme Patcher, saya mengistal yang 32bit, jadi NB saya berubah jadi 32 bit, apa tidak masalah?

    ReplyDelete
  46. Apa Driver Intel HD graphics bisa dapat support

    ReplyDelete
  47. saya mencoba mengganti w7 ultimatum 64 ke 32. setelah seting muncul perintah instal now. saya enter, tapi kemudian yang muncul " kotak bertuliskan select the drive to be installed dan kotaknya kosong kemudian juga ada kotak bertuliskan "browse" "ok" "cancel". gimana ni bang

    ReplyDelete
  48. Install 2 OS x86 dan x64 dalam satu PC bisa gak gan? nanti pas booting kita milih mau pake yg mana. Trus ada dampak negatifnya gak tuh gan? Mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  49. Asslm.. gmn caranya merubah setting bios ASUS A455L menjadi os 32bit?.. mohon pencerahan... terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  50. System Information
    ------------------
    Time of this report: 10/23/2015, 03:23:43
    Machine name: ACERAO722-PC
    Operating System: Windows 7 Ultimate 64-bit (6.1, Build 7601) Service Pack 1 (7601.win7sp1_gdr.150525-0603)
    Language: English (Regional Setting: English)
    System Manufacturer: Acer
    System Model: AO722
    BIOS: InsydeH2O Version V1.11
    Processor: AMD C-60 APU with Radeon(tm) HD Graphics (2 CPUs), ~1.0GHz
    Memory: 2048MB RAM
    Available OS Memory: 1770MB RAM
    Page File: 1837MB used, 4029MB available
    Windows Dir: C:\Windows
    DirectX Version: DirectX 11
    DX Setup Parameters: Not found
    User DPI Setting: Using System DPI
    System DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
    DWM DPI Scaling: Disabled
    DxDiag Version: 6.01.7601.17514 64bit Unicode


    NO PROBLEM !!

    ReplyDelete
  51. Mohon pencerahannya gan Laptop saya Asus core i5 ram bawaan 2gb tp sdh sy up ke 4gb menggunaka 64bit, sy pernah instal yg 32bit tp koq unable 3,8... trus baru sy instal win7 ultimate yg 64bit ttp sj unable 3,8... mhn bantuannya krn sering muncul blue screen.... mestinya kan usable 3,8 oklah tp ini unable tuh maksudnya, thx....

    ReplyDelete
  52. mohon saran nya gan, laptop saya acer one 14, z1402-c4hs, windows saya windows 8.1 64 bit, terus di instal ke windows 10 dengan 32 bit, apa masalah nya ntar yang terjadi? apakah laptop saya jadi lag, atau ntar malah lancar sistem nya??

    ReplyDelete
  53. WAh pada ribet...
    gw jelasin sesingkat mungkin ... RAM itu tempat akses segala aktivitas laptop lo ...
    jadi:
    1.buat RAM 1 GB.. 32bit ae...
    2. buat RAM 2-4 GB ...lo bisa instal 64bit di RAM yg cuma 2 GB .. tergantung banyak aplikasi lo ... kalo aplikasi banyak yg harus dijalankan ya gk mantap performa laptop (lemot).. (cek aja di task manager >> performa kalo RAM lo udah sering 90%++ mending ganti dah 32 bit)..
    3. buat RAM yg 4GB++ ... gk masalah juga lo make 32 bit tapi sayang noh memory lo gk kepake padahal klo lo make 64 bit lebih banyak fiture / kelebihan , peforma ( lebih mulus jalan nye)... tapi gw saranin ya 64 bit ..

    Resikonya ... kalo memory lo kesering 90%++ yg lo rasain ya lemot, cefet panas... segi software : bsa corupt ... kalo segi hardware : krusakan RAM , bisa juga hardisk (bad sector).. kerusakan procesor yg kpanasan ...

    sekian dlu dah .. mudah2 an bisa kjawab semua...
    NICE POST .. LANJUTKAN !!!!

    ReplyDelete
  54. Mf. Mau tanya gan. Kalo notebook acer pakai ram 2GB apakah bisa ganti yang 4GB? Dan apakah knerjanya lbih cepat ? Mohon bantuanya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. klw mau ganti ram , tinggal pergi ke toko computer.klw ram 4gb kira" 400-500 an , tergantung merk.. dn ga ush takut,ram itu macam memory hp.. bisa di cabut dan diganti.

      Delete
  55. saya mau bertanya apa kelebihan dari memori support 32 byte dengan 64 byte
    thanks :)

    ReplyDelete
  56. kalo processor nya intel dual core bsa g 64 bit

    ReplyDelete
  57. Notebook x64 based intel atom 2gb RAM DDR3 bagus pke 64bit atau 32bit? 64bit blum punya drivernya yang 32bit udah punya

    ReplyDelete
  58. mas broo gua kemarin intnstal laptop yg 64 bit,, ram2GB asus, setelah di instal mouse dan flash disk tidak terbaca,, gimana niii..

    ReplyDelete
  59. bro mau nanya.. knapa procecor core 15 kepake sampe 60% .main game dota2 juga ga bisa optimal.. aku pake w7 64 bit , ram 4 gb, VGA R7 ddr5 128 bit ...

    ReplyDelete
  60. begini mas...laptop saya kan intelnya i3 na saya bingung ni mas sya hrus instal windows yg 32 / 64 bit yaa agar saat saya menginstal program microsoft visual studio bsa dipakai di laptop sya...??? karena sya prnah cba klo yg 64 bit tdk bsa menginstal Microsoft Visual Studio...yang bsa menginstal Microsoft Visual Studio hnya 32 bit,...na kira2 klo pkai 32 bit itu bgus ngga mas...??? trimakasih

    ReplyDelete
  61. gan,,laptop ane acer One 14 Z1402-50FZ,ram 4gb,HDD 500gb,bisa main game HD ga????

    ReplyDelete
  62. Gan mau nanya, pc saya mau upgrade dari 32bit ke 64bit, tapi di belakangnya tidak ada tulisan "x64-based processor", kira2 bisa di upgrade engga gan?? Mohon pencerahan. Btw ram 4gb, win 7

    ReplyDelete
  63. Intinya mau 32 / 64 bit , kita sesuaikan dgn kebutuhan laptop / notebook agan-agan sekalian. untuk ram < dari 4gb baiknya 32bit Karena kalau dipaksakan ke 64 dan banyak apl yang tidak support sayang juga. Untuk > dari 4gb better sih 64, karena sayang" kalau masih banyak sisa ruang ram nya. Choose your choice , not other people choice.. :-)

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. gan mau tanya ini pc saya pake 32 bit core i5 dan ram 8gb tapi kenapa waktu saya gunakan buat render autocad selalu force closed atau fatal error sehingga aplikasi harus tertutup, dan muncul peringatan out of memory, sedangkan waktu saya buka start task manager memory hanya terpakai 2gb solusinya gimana ya???
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masnya make ram 8 gb kok masih make os 32 bit, sekarang make os 32 bit itu udah useless banget, sekarang driver buat 64 bit kan udah banyak, jadi ane saranin instal ulang make win 10 64 bit,

      Delete
  67. kalau ram di bawah 4 gb,bagus yg 64 bit atau 32 bit?????

    ReplyDelete
  68. Ram 4gb wajib 64bit karna jika diinstall 32bit ram tidak terbaca sepenuhnya paling 2GB, kalo ram 2gb kebawah disarankan 32bit karna bisa mengganggu performa, kecuali laptop keluaran baru 2016 keatas dengan spesifikasi terbaru karna driver bawaan sudah banyak yg 64bit meski ram bawaan jg 2gb (ingat yg terbaru)

    ReplyDelete
  69. numpang tanya , computer core 2 duos .64bit , ram 2gb , klo di pake awal nya nyaman , udah 1 jam suka lemot parah banget , pahal tiap nyalain computer suka langsung di scan , masukanya dong saya pusing bnget ini

    ReplyDelete
  70. aku awam.mau nanya Laptop aku Asus 2 GB yg AMD E1 waktu beli diinstall windows 10 64 bit. kelihatannya Normal aja dan fitur cameranya aktif..pas teman aku bilang install ualng windows 7 saja trus 32 bit dah cukup..eh cameranya malah g bisa digunakan,mana tampilannya juga nda terlalu menarik,mohon pencerahan mana baiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masalah kamera dan tampilan kurang menarik mungkin tinggal instal aja drivernya mas

      Delete
  71. asus a451lb i7 sy gunakan utk os windows 7 32bit., krn software2 yg tetsedia rata2 masih 32bit & kebutuhan utk software yg ada rata2 masih 32bit, hardware 64bit memberikan kapasitas jangkauan lebih tinggi dari pada hardware 32bit. hardware 64bit adalah bidangnya & lebih pastinya mampu utk bekerja di 32bit, tetapi jika hardware 32bit utk bekerja di 64bit ya itu terlalu dipaksakan alias hardware jebol, noted : tersedia jg driver2nya utk hardware tsb di versi 32bit.

    ReplyDelete
  72. assalammualaikum.. salam semua maaf mungkin pertanyaan ini sudah dibahas, tapi saya belum sepenuhnya mengerti.

    saya mau tanya..mohon petunjuk
    mainboard saya gigabyte ( GA-B75M-D3V )
    Hardisk 500Gb + Hardisk Laptop 500Gb
    Ram 4Gb
    Prosesor Core i3

    Saya sering main game, suka live streaming, edit video sony vegas pro, design rumah atau photoshop

    baiknya saya pakai sistem apa ( windows brp trus brp bit ) dan kalau ada saran lain nya

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  73. Saya mau nanya kalo spek:
    Lenovo V310-03PID Black Core i5-7200U 14" 4GB DDR3 1TB dvdrw,WF,CR,WebCam ATI R5 M430 2GB Non OS

    Bisa gak ya install win 7 ultimate/pro 32 bit
    Soalnya aplikasi saya hanya bisa run di win tersebut

    Makasih infonya

    ReplyDelete
  74. saya juga mau nanya nih,gan
    computer saya make prosesor intel (R) Care(TM) i3-4130 CPU @ 3.40 GHz 3.40GHz / HDD 500GB / Ram 2 X 4 GB.
    untuk saat ini saya gunakan Windows 7 ultimate 32bit ,seandainya saya memakai windus 7 ultimate 64bit bisa optimal nggak komputer saya Gan ?...

    ReplyDelete
  75. saya mau tanya, saya pake prosesor AMD Athlon(tm) II x2 250processor 3,00 GHz
    32 bit klo mau gnti 64 bit, minimal prosesor yg berapaan?? (tp yg AMD)

    ReplyDelete
  76. agan..mau nanya..saya punya notebook processornya intel atom ram nya 1 giga, bisa gak pake windows 8/10? osnya 32 bit gan

    ReplyDelete
  77. Gue gak Tau Nih Gan, lAPTOP gue, Mesin nya Masih Vision AMD ... jADI Berapa Bit YA Gan???

    ReplyDelete
  78. gan,
    bisa tidak,? pasang os win7 gold di prosesor intel atom

    ReplyDelete
  79. dilema lapptop ane spek nya udah bagus pakai 64 bit juga tapi banyak software2 yang ga compatible di 64 bit apalagi ane anak IT rata rata lawas semua softwarenye...

    ReplyDelete
  80. mau tanya dong saya punya laptop spek nya itel core i5 m540,ram 4gb,os nya win 7 32-bit
    Kalo saya upgrade ke 64-bit kira2 performa nya ngaruh ga? soalnya di 32bit performa nya kurang bgt
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  81. om tanya om pc saya amd 64bit mw saya instal win7 32bit.joz ga om

    ReplyDelete
  82. mau tanya laptop saya masih celeron (up to 2.39 GHz 1 MB L2 cache), ram 2 gb system masih 32 bit bisa naik ga ke 64 bit ? soalnya buat instal apilkasi

    ReplyDelete
  83. a. compiler apa yng bisa meng compile aplikasi 32 bit untuk windows 10 pro 64 bit ?

    b. instal shield apa untuk windows 64 bit ?

    ReplyDelete