Tips Agar Blog Anda Tampil Lebih Elegan

ads responsive
max-width 550 px
Indonesia memiliki berjuta-juta blogger, mungkin Anda salah satunya. Baik blog pribadi, online shop, hingga blog yang membahas bidang tertentu.

Setelah Anda sudah bersusah payah membuat blog Anda, pasti Anda menginginkan jumlah pembaca yang semakin banyak.

Berikut ini cara agar blog Anda tampil lebih elegan dan profesional :

1. Mengecek tampilan blog Anda dengan browser yang berbeda
Tampilan halaman Anda mungkin cantik di browser Google Chrome, namun belum tentu bagus di browser Firefox, Opera atau lainnya. Oleh karena pengunjung Anda tidak hanya menggunakan satu browser saja. Lakukan pengecekan dengan browser yang berbeda.

2. Pilih warna untuk blog
Memilih warna blog emang susah-susah gampang tergantung selera. Pilih warna sesuai tema blog Anda. Misalnya warna hitam lebih cenderung ke situs bertema underground dan kurang cocok pada blog bertemakan agama.

3. Hindari memasang jam dan kalender
Coba Anda pikirkan fungsi memasang jam dan kalender di blog. Jika hanya untuk pengingat waktu, maka apa fungsi jam dan kalender pada taskbar windows. Memasang keduanya pada blog hanya memperlambat load page blog Anda.

4. Hindari memasang jumlah pengunjung
Jika Anda baru saja memulai blog, maka menampilkan jumlah pengunjung hanya akan memberikan penilaian buruk pada blog Anda serta memberatkan blog Anda.

5. Jangan memohon untuk mengklik iklan
Hindari kalimat seperti "Klik iklan di bawah ini" atau pun hal-hal seperti tersebut. Karena umumnya tidak ada orang yang suka diperintah. Tanpa Anda suruh, pengunjung bakal mengklik iklan jika berguna bagi mereka.

6. Jangan berantakan saat memasang iklan
Iklan memang menguntungkan, namun jangan sampai pengunjung merasa risih dan iklan melebihi kapasitas yang semestinya serta memberatkan blog Anda.

7. Hindari memasang lagu
Selain membuat halaman blog menjadi sangat berat, memasang lagu juga membuat kesan tidak profesional. Kecuali blog Anda memang blog yang dikhususkan untuk musik atau pribadi.


8. Menampilkan IP Pengunjung
Lebih baik Anda tidak memasang IP pengunjung karena Anda tentu tidak ingin pengunjung Anda merasa dimata-matai bukan?

9. Memasang widget yang tidak ada hubungannya
Memasang banyak widget yang tidak berhubungan hanya membuat blog terlihat berantakan serta telihat aneh. Pasanglah widget sesuai dengan kebutuhan.

10. Jangan hanya copy-paste
Hargailah jerih payah penulis aslinya. Kami tidak melarang, namun setidaknya perbaiki lah code scriptnya. Jika copy-paste secara utuh mungkin tulisan bakal terlihat tidak rapi serta gambar tidak muncul.

11. Perhatikan tanda baca
Perhatikan titik koma serta tanda baca lainnya. Karena kesalahan tanda baca dapat membuat arti yang berbeda. Revisi tulisan Anda sebelum di publish.

12. Jangan menggunakan gambar yang terlalu besar
Besar di sini diartikan sebagai data dan bukan ukuran. Gambar yang besar bakal membuat blog menjadi berat serta diabaikan pengunjung saat loading page berjalan.

13. Memeriksa dead link
Link yang mati tidak disukai oleh pengunjung, apalagi search engine. Lakukan pengecekan dead link, banyak tools di internet yang bisa melakukan hal ini.

14. Memasang alamat sumber artikel
Blogger yang profesional selalu menghargai jerih payah orang lain, memasang sumber tidak akan merugikan Anda. Sebaliknya, penghargaan tersebut membuat Anda terlihat lebih profesional.

15. Merespon komentar dengan baik.
Dilarang untuk bersikap menggurui, menyebalkan, apalagi sara. Hargai semua komentar. Jika ada komentar yang menyebalkan, Anda bisa menghapusnya. Ingat bahwa blog adalah tempat menuangkan ide dan pemikiran sehingga pengunjung memiliki pendapat yang berbeda.

Apakah Anda memiliki tips-tips lain selain yang terdapat di atas? Mungkin Anda dapat membagikannya kepada kami melalui komentar di bawah.
ads responsive
max-width 550 px

5 Responses to "Tips Agar Blog Anda Tampil Lebih Elegan"

  1. untuk no 4, memasang jumlah pengunjung khususnya blog personal seperti histats, saya rasa bisa dipertimbangkan, dari ini bisa menganalisa artikel yang sering dibaca, browser yang banyak dipakai, screen resolution yang digunakan, history, bisa dipakai acuan permohonan adsense, dari jumlah pengunjung perbulan, msh banyak lg, dari sini blog dapat terus di bangun sebaik-baiknya....satu yang menarik, jika ada tulisan online beberapa orang di satu waktu, pembaca terasa seperti tidak sendirian, jika banyak yg online, biasanya artikel yang bagus disebarkan dengan alami... dan untuk comments menurut saya tidak usah memakai kode verifikasi, karena komentar blogspot dilengkapi dengan anti spam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang memiliki pendapat yang sama?atau pendapat yang lain?

      Delete
  2. infonya mantap om..
    Kali aja ini blog mau dipasang adsense murah koo.. Ane siap bantu!!

    ReplyDelete
  3. thanks infonya.. bermanfaat sekali! kunbalnya gan, hehe

    ReplyDelete
  4. siap min, maaksih banyak sudah mau share ilmunya disini
    solder infrared

    ReplyDelete