Kekurangan dan Kelebihan Lenovo P780

ads responsive
max-width 550 px
Lenovo P780
Lenovo kembali mengeluarkan produk terbarunya, kali ini melalui jajaran smartphone P seriesnya yang diwakili oleh Lenovo P780. Lenovo P780 merupakan ponsel dengan posesor quad core yang lebih baik dalam konsumsi daya dibanding ponsel sekelasnya. Dalam ponsel ini, pihak Lenovo sudah menanamkan teknologi penghemat baterai sehingga kinerja tidak akan terganggu oleh baterai yang boros dan sebentar-sebentar harus dicash.

Nah, berikut ini merupakan review lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan ponsel anroid Lenovo P780 dilihat dari spesifikasi serta harga dan aspek lainnya.

Kelebhan Lenovo P780
-Layar lega 5 inci
-Prosesor Quadcore 1,2GHz dan 1GB RAM
- Kabel USB OTG
-Baterai Awet

Kekurangan Lenovo P780
-Internal memori kecil
-Layar reflektif
-Hanya SIM 1 aktif 3G

DESAIN LENOVO P780
Masuk dalam jajaran seri P, Lenovo siap usung ponsel dengan tag power sebagai jargon andalan. Berbekal baterai berkapasitas terbesar saat ini, wajar bila pada akhirnya P780 memiliki bobot yang relatif berat.

Tombol untuk mengatur volume terdapat pada sisi kanan. Sedangkan pada bagian atas, Lenovo menyematkan tombol power yang berdampingan dengan port micro USB dan audio 3.5mm.

Casing bagian belakang Lenovo P780 yang terbuat dari metal berwarna hitam sanggup memancarkan kesan mewah dan elegan bagi penggunanya. Sementara huruf timbul berwarna silver yang secara jelas mencantumkan logo Lenovo juga dapat Anda lihat dibagian yang sama.

Lubang kamera dan lampu kilat diletakkan di sudut kiri ponsel, sedangkan lubang speaker diletakkan disudut bawah sebelah kiri.

LAYAR LENOVO P780
Berbekal layar IPS LCD berdiagonal 5 inci, Lenovo siap memanjakan mata pengguna dengan layar beresolusi HD720p yang dimilikinya. Sayang sekali Lenovo P780 tidak dilengkapi lapisan pelindung seperti Gorilla Glass yang lazim dipakai pada ponsel berlayar lapang. Dengan teknologi kapasitif multitouch, layar P780 sanggup menerima input sentuh hingga 10 titik jari.

Dibawah layar milik P780 terdapat tiga tombol sentuh sensitif yang meliputi menu, home dan back. Untuk menggunakan Google Now, silakan tahan tombol home beberapa saat. Meski punya tingkat kecerahan yang tinggi, kala dipakai diluar ruangan layarnya memantulkan sinar matahari yang cukup mengganggu.

Interface dan OS
Berbekal OS Android Jelly bean 4.1.2, antarmuka P780 mendapat sentuhan antarmuka Lenovo yang menyediakan beragam pilihan tema, wallpaper hingga efek. Anda dapat memilih 6 tema unik yang mengusung ikon menu yang beragam. Selain pilihan ikon yang unik untuk masing-masing tema, Lenovo juga menyediakan sebelas efek perpindahan halaman yang dapat diterapkan pada halaman desktop dan menu.

Selain memperindah interface yang diusungnya, Lenovo juga menyematkan fitur Smart Answer yang memungkinkan ponsel untuk otomatis menyambungkan panggilan masuk begitu ponsel didekatkan ke telinga. Selama panggilan telepon berlangsung, fitur Smart Sound juga turut disertakan untuk mengurangi kebisingan. Dengan flip mute, pengguna dapat menonaktifkan nada dering saat ada panggilan yang masuk cukup dengan membalik posisi ponsel.

HARDWARE
Untuk memastikan agar P780 dapat menjalankan sistem operasi Android Jelly Bean yang diusungnya, Lenovo mempersenjatainya dengan prosesor quadcore berkecepatan 1,2GHz. Untuk mendukung proses grafisnya, PowerSGX 544 telah pula disiapkan oleh Lenovo. Sedangkan RAM 1GB yang dikombinasikan dengan ruang penyimpanan sebesar 4GB yang dimilikinya membuat kinerjanya dalam menjalankan beragam aplikasi begitu mengesankan.

Pengukuran kenerja P780 menggunakan Antutu Benchmark menghasilkan poin sebesar 13526 yang menempatkannya setingkat dibawah HTC One-X. Sedangkan tes kinerja dengan Quadrant Standard mengumpulkan skor 4852 yang membuatnya setingkat diatas HTC One-X.

Sementara untuk kinerja grafisnya, P780 dapat dipacu hingga kecepatan 44.2fps. Perolehan tersebut membuat P780 sanggup dipacu untuk menjalankan game-game berat seperti Bus SImulator 3D dan Truck Driver 3D. apalagi Lenovo sudah menggunakan baterai berkapasitas 4000mAh yang merupakan kapasitas yang paling besar untuk phablet masa kini.

Multimedia
Untuk memainkan video, Anda dapat masuk ke galeri atau menggunakan video player bawaan. Anda dapat memutar video dalam beragam format populer hingga resolusi 1080p. Sayang sekali pemutar videonya tidak dapat menampilkan subtitle.

Beralih ke pemutar musik, Play Music yang disematkannya sanggup memperdengarkan lagu dalam beragam format populer lengkap dengan 11 pilihan equalizer didalamnya. Untuk mendengarkan efek Bass dan 3D, pengguna harus mencolokkan earset terlebih dulu. Anda juga dapat mendengarkan siaran radio FM dengan mencolokkan earset terlebih dulu.

KAMERA LENOVO P780
Lenovo membekali kamera P780 dengan setting yang lengkap dalam tiga kategori masing-masing basic, advanced dan others. Untuk kategori dasar, pengguna dapat mengatur scene, efek, kualitas gambar, lampu kilat serta memilih resolusi. Sedangkan kategori advanced memungkinkan pengguna untuk mengota-atik ISO, white balance dan stroscopic.

Untuk pengambilan gambar didalam ruangan, LED Flash yang dimilikinya memastikan gambar yang dihasilkan tampak lebih terang. Hasil pemotretaan didalam dan luar ruangan juga dapat diandalkan untuk mengabadikan kenangan Anda bersama kerabat dan teman.

Kamera video P780 sanggup merekam gambar dengan resolusi maksimal 1080p. Gambar hasil rekaman yang disimpan dalam format 3gp memiliki ukuran file sebesar 11.98MB untuk durasi 4 detik. Sebelum merekam video, akan lebih baik bila Anda menambahkan memori eksternal lebih dulu mengingat internal memori yang dimilikinya sangatlah kecil.

INTERNET DAN KONEKSI
Dengan dukungan koneksi yang lengkap dari Wi-Fi hingga 3G HSDPA, Anda dapat menjelajah dunia maya dengan kecepatan hingga 14.4Mbps. Agar koneksi internet tidak tiba-tiba terputus saat layar mati, Anda harus memilih customized setting pada Lenovo Power yang merupakan aplikasi penghemat baterai bawaan besutan Lenovo.

Browser P780 juga dapat membuka 16 halaman multitabs. Selain browser bawaan, Anda juga dapat menggunakan UC Browser dan Chrome untuk menjelajah internet. Beralih ke konektifitas, P780 sudah disertai dengan kabel data dan kabel USB untuk membaca flashdisk. Sementara untuk bertukar data antarperangkat, pengguna dapat memilih Bluetooth.

Fitur Unggulan
Selain dijejali dengan aplikasi dan fitur Android Jelly Bean, P780 juga dilengkapi dengan aplikasi besutan Lenovo. Aplikasi pertama yang langsung dapat Anda gunakan dari homescreen adalah Lenovo Power yang memungkinkan pengguna untuk mengatur penghematan baterai. Ada empat mode penghematan yang dapat dipilih meliputi mode best, long, extreme dan customized. Dengan mode customized, pengguna dibebaskan untuk menentukan sendiri untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode penghematan baterai.

Berikutnya adalah aplikasi CamCard yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk membuat kartu nama virtual dan menyimpannya ke daftar kontak. Sementara dengan CamScanner, pengguna dapat memindai dokumen dengan menggunakan kamera belakang milik ponsel.

Beralih ke fitur olah dokumen, Anda dapat menggunakan Kingsoft Office dan Evernote. Lenovo juga melengkapi P780 dengan Google Pinyin yang memungkinkan pengguna untuk mengetik karakter Cina dengan lebih mudah.

KESIMPULAN
Mengandalkan baterai berkapasitas superbesar, Lenovo P780 sangat pas untuk digunakan berlama-lama tanpa harus khawatir kehabisan baterai. Dengan prosesor quadcore yang ditemani dengan RAM1GB miliknya, Lenovo P780 juga dapat Anda jadikan sebagai teman Anda bermain serta menikmati hiburan multimedia.

Lihat juga review mengenai kekurangan dan kelebihan Lenovo A369i yang telah dipublikasikan sebelumnya.
ads responsive
max-width 550 px

1 Response to "Kekurangan dan Kelebihan Lenovo P780"

  1. Mình đang có mong muốn thay màn hình lenovo p780 giá bao nhiêu tiền vô tình đọc được bài hướng dẫn của bạn, rất ích lợi

    ReplyDelete